Jumat, 27 November 2015

Manfaat Cocopeat / Sabut Kelapa Untuk Pertanian


Advertisement
Organikilo.co - Sabut kelapa atau dikenali juga dengan istilah cocopeat merupakan limbah perkebunan yang berlimpah di daerah penghasil kelapa, tanaman yang masih keluarga aren-arenan atau Arecaceae ini, seluruh bagiannya mempunyai manfaat yang besar bagi manusia. Jika air kelapa mempunyai manfaat penting sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik cair, begitu juga dengan sabut yang membungkus buah kelapa dapat diolah menjadi pupuk organik padat atau bokashi.


Limbah perkebunan kelapa
Serabut Kelapa - img credit unguvioolet.wordpress.com

Dalam dunia pertanian yang berbasis organik, memanfaatkan sabut kelapa sebagai pupuk padat memiliki peran penting bagi kesuburan tanah pertanian. pada pupuk organik padat, cocopeat / sabut kelapa berfungsi sebagai bio pori bagi tanah, dengan adanya rongga-ronga pada tanah dapat memperbaiki sirkulasi udara membawa oksigen yang sangat dibutuhkan tanaman.

Selain memperbaiki aerasi pada tanah pertanian, manfaat lain dari sabut kelapa adalah memiliki kemampuan menyimpan air 6 kali lipat dari volumenya. Dengan kata lain, jika berat sabut kelapa 1 kg maka daya simpan air bisa mencapai 60 kg air, tentunya menggunakan sabut kelapa sebagai bahan dasar pupuk organik merupakan solusi tepat untuk daerah yang minim curah hujan.

Kandungan Unsur Hara Sabut Kelapa


Sebenarnya sabut kelapa yang belum di olah bukanlah cocopeat, cocopeat sendiri merupakan limbah pengolahan sabut kelapa yang di ambil serat atau fiber. Cocopeat merupakan butiran halus atau serbuk dari fiber kelapa, apapun istilah yang digunakan untuk menyebutnya itu bukan suatu masalah. yang menjadi pokok bahasan adalah manfaat sabut kelapa yang sangat besar untuk pertanian, Adapun kandungan unsur hara yang dimiliki sabut kelapa baik makro atau mikro ternyata sangat dibutuhkan oleh tanaman.


Serbuk Sabut kelapa
Cocopeat merupakan Serbuk Sabut kelapa - Img Kredit ruvinya.com

Kandungan unsur hara makro dan mikro yang terdapat pada sabut kelapa antara lain (K) Kalium, (P) Fosfor, (Ca) Calsium, (Mg) Magnesium, (Na) Natrium dan beberapa mineral lainnya. Namun dari sekian banyak kandungan unsur hara yang dimiliki cocopeat, ternyata jumlah yang paling berlimpah adalah unsur K (kalium). Seperti yang telah kita ketahui bahwa kandungan (P) Fosfor dan (K) Kalium sangat dibutuhkan tanaman saat proses pembentukan buah serta peningkatan rasa untuk segala jenis buah.

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Pupuk Organik


Sabut kelapa dapat diolah menjadi pupuk organik cair baca juga: http://www.organikilo.co/2014/11/cara-membuat-pupuk-organik-cair-mol-poc.html , akan tetapi untuk mengolah sabut kelapa menjadi pupuk organik padat perlu pengolahan lebih lanjut dengan cara menghancurkan terlebih dahulu, sebelum proses membuat bokashi.  Namun untuk mempermudah anda dalam membuat bokashi  tanpa menghancurkan sabut, opsi penggunaan Cocopeat merupakan pilihan tepat. Cocpeat sudah banyak diperjualbelikan kebanyakan orang yang telah mengenal dunia pertanian organik.

Penggunaan sabut kelapa sebagai bahan campuran pembuatan bokashi, ternyata memiliki dampak positif bagi pertanian. Tanaman padi yang menggunakan pupuk bokashi dengan penambahan cocopeat dapat meningkatkan kualitas, berat (bernas) serta rasa lebih enak, jika dibandingkan dengan penggunaan pupuk bokashi serupa tanpa mencampur cocopeat.

Cara Membuat Bokashi Cocopeat


Untuk mengetahui cara membuat bokashi silahkan baca juga: http://www.organikilo.co/2014/11/cara-membuat-bokashi-pupuk-hayati.html , pembuatan bokashi yang menggunakan cocopeat adalah dengan penambahan sebesar 15-20% cocopeat dari total keseluruhan bahan bokashi. Pentingnya penambahan bokashi bagi lahan pertanian sangat penting, megingat lahan pertanian di indonesia yang semakin rusak karena penggunaan pupuk kimia yang telah belangsung bertahu-tahun.

Aplikasi Cocopeat


Menggunakan cocopeat sebagai bahan campuran bokashi memberi dampak baik bagi dunia pertanian, begitu juga dengan budidaya tanaman non pangan. Untuk budidaya tanaman hias menggunakan cocopeat sebagai campuran media tanam sangat dianjurkan atau budidaya sayuran di lahan-lahan sempit yang menggunakan pot. Aplikasi cocopeat pada media tanam dapat meningkatkan hasil serta kualitas tanaman yang anda budidayakan, singkat kata sabut kelapa atau cocopeat sangat cocok untuk segala jenis tanaman.

Demikian ulasan tentang Manfaat Cocopeat / Sabut Kelapa Untuk Pertanian, apakah anda akan mulai mencoba sabut kelapa untuk pertanian anda?. Jika ada yang kurang silahkan berbagi ide atau pendapat anda melalui kolom komentar dibawah, Salam sukses pertanian organik Nusantara.


http://www.organikilo.co/2014/12/manfaat-cocopeat-sabut-kelapa-untuk.html