Minggu, 22 November 2015

Fermentasi Pakan Bebek Buatan Sendiri Campuran SOC + Gedebok

Campuran pakan bebek pedaging buatan sendiri (fermentasi) pola HCS bisa memanfaatkan limbah pertanian apapun yang ada di sekitar rumah. Namun, Hal utama yang harus ada adalah Suplemen Organik Cair (SOC) dari HCS. Tema artikel kami pada kali ini adalah SOC untuk ternak bebek atau itik. Khususnya cara membuat pakan fermentasi untuk budidaya itik / bebek pedaging.
Peliharalah bebek pedaging yang pertumbuhannya cukup bagus. Mungkin bisa jenis HIBRIDA yang merupakan hasil perkawinan antara bebek Mojosari dengan bebek Alabio Kalimantan Selatan, atau jenis lainnya. Berdasar pengalaman beberapa rekan, pertumbuhan itik Hibrida cukup bagus, apalagi jika di tunjang dengan pakan yang memadai. Namun jika anda ingin menguji coba jenis bebek lain kami persilahkan, intinya adalah doing right now alias lakukan sekarang juga agar anda tau hasilnya dan bukan sekedar katanya.
Persiapan bahan-bahan pembuatan pakan fermentasi bebek / itik pedaging:

  • Gedebok pisang 20%
  • Suplemen Organik Cair (SOC) dari HCS
  • Bekatul 25%
  • Ampas tahu 25%
  • Jagung Giling 5%
  • Nasi Aking 25%
  • Gula pasir
  • Terpal plastik secukupnya.
Keterangan: SOC dan gula pasir sesuaikan dengan kebutuhan. Jika membuat 100 kg bahan maka di butuhkan sekitar 5 tutup botol SOC dan gula pasir 10 sendok makan dan 10 liter air. Saran saya sebelum anda membuat pakan seduhlan dulu campuran air, SOC + gula 1 malam sebelumnya agar lebih hemat SOC nya.
pakan fermentasi bebek pedaging
Cara Pembuatan Pakan Fermentasi untuk Bebek:
  1. Satu malam sebelumnya kita sudah membuat air seduhan SOC + Gula.
  2. Tiga jam sebelumnya rendamlah nasi aking agar mengembang.
  3. Cacahlah gedebok pisang yang sudah di siapkan di atas terpal plastik agak lembut kira-kira bisa di telan oleh bebek.
  4. Campurkan semua bahan dengan merata dengan gedebok pisang tadi.
  5. Semprotkan larutan SOC dan aduk hingga benar-benar merata.
  6. Lalu gulunglah terpal plastik tadi dari sisi ke sisi dan sebaliknya hingga menjadi seperti bungkusan lalu tindihlah dengan pemberat dan diamkan selama 3 jam. Pakan siap di berikan ke ternak. Tutuplah kembali dengan rapat setelah di buka agar fermentasi semakin bagus.
Demikian proses pembuatan pakan bebek pedaging ini kami sajikan. Semoga panduan berjudul “Fermentasi Pakan Bebek Buatan Sendiri Campuran SOC + Gedebok” ini bermanfaat untuk anda. GO SUCCESS!
  • pakan bebek pedaging buatan sendiri
  • pakan bebek pedaging agar cepat besar
  • pakan bebek pedaging alternatif

Rekaman kata kunci:

campuran suplemen/pakan/itik,gedebok pakan bebek,gedebok pakan bebek pedaging,program HCS pakan bebek dari gedebok,campuran fermentasi pakan itik pedaging,pakan ayam nasi akik fermentasi,campuran pakan untuk bebek pedaging,pakan bebek fermentasi hcs,pakanbebek,penyalur bebek potong mojosari,berapa harga nasi aking sragen jawa tengah 2015,soc buatan sendiri,ternak cara buat pakan bebek pedaging pola hcs,nasi aking sukoharjo dan pin bb,pakan bebek hibrida buatan sendiri,pakan bebek gedebok fermentasi,pakan bebek fermentasi HGS,jual itik alabio di amuntai,lapak penjual bebek hidup,Membuat sendiri pakan bebek pedaging agar cepat besar,pakan bebek buatan soc,pakan alternatif gedebok pisang untuk bebek,nasi aking pakan ternak solo dan pin bb,pakan alternatif bebek pedaging ala hcs,pakan,pakan bebek itb,pakan buatan bebek pedaging yg ada disekitar,pakan buatan buat bebek hibrida,www bebek hibrida blitar,ternak ayam itik alabio tanjung,seluri camuran pakan bebek,progrAM soc untuk ternak bebek,Program soc bikin fermentasi dari gedebok,