Kamis, 19 November 2015

CARA PEMELIHARAAN DOD (day old duck)


Untuk mendapatkan DOD (day old duck) bekualitas, harus diperhatikan kebutuhannya, mulai dari kandang sampai menjaga kondisi kesehatannya.
Pembahasan mengenai pemeliharaan DOD dibatasi sampai itik berumur empat minggu. Hal-hal yang dilakukan pada pemeliharaan DOD hampir sama dengan pemeliharaan induk, yaitu persiapan kandang dan peralatan, pengaturan suhu dan kelembapan kandang, pemberian pakan dan minum, vaksinasi, sanitasi kandang dan peralatan, serta pengawasan.
A.      Persiapan kandang dan perlenkapannya.
Kandang pemeliharaan DOD sampai umur empat minggu menggunakan kandang box berukuran 100 cm x 100 cm x 50 cm atau 100 cm x 200 cm x 50 cm. Kepadatan populasi didalam kandang box tergantung dari umur anak itik. Kepadatan anak itik umur sehari sampai dua minggu sekitar 18 ekor/m2. Kandang box yang berukuran 100 cm x 100 cm x 50 cm dapat menampung 18 ekor, sedangkan kandang box yang berukuran 100 cm x 200 cm x 50 cm dapat menampung 36 ekor. Untuk kepadatan anak itik umur 2-4 minggu sekitar 13 ekor/m2. Kandang box yang berukuran 100 cm x 100 cm x 50 cm dapat menampung 13 ekor, sedangkan yang berukuran 100 cm x 200 cm x 50 cm dapat menampung 26 ekor.
Kandang box dapat dibuat dari papan atau bambu. Lantai kandang dapat berupa kawat kasa atau bilah-bilah (jeruji) bambu yang berjarak 1 cm antar bilah.
1.       Persiapan kandang.
Persiapan kandang box harus dilakukan delapan hari menjelang telur menetas. Sebelum digunakan kandang haruss dibersihkan dari kotoran dan diseterilkan terlebih dahulu dengan formalin atau karbol 1% agar terbebas dari kuman- kuman penyakit. Setelah diseterilkan, kandang dibiarkan selama 1 minggu. Kemudian, beri litter berupa campuran sekam padi, serbuk gergaji, pasir, dan kapur setebal 2-3 cm.
2.       Persiapan perlengkapan.
Tambahkan perlengkapan kandang ketika kandang telah siap digunakan, seperti tempat pakan dan minum serta alat pemanas (broder). Sebelum digunakan, tempat pakan harus dibersihkan dan diseterilkan dengan obat pembunuh kuman (formalin atau karbol 1%). Alat pemanas berguna untuk memberi  kehangatan anak itik yang berfungsi sebagai induk buatan. Alat pemanas yang dapat digunakan bermacam-macam, diantaranya lampu pijar, lampu minyak, dan gasolek yang pemakaiannya harus disesuaikan dengan ukuran kandang. Kandang box yang berukuran 1 m x 1 m dan 1 m x 2 m cukup menggunakan lampu pijar dan lampu minyak. Sementara untuk ukuran kandang yang lebih besar lebih baik menggunakan gasolek. Gasolek tipe 54 dapat digunakan untuk menhangatkan 600 ekor DOD. Agar penyebaran panas merata, pemanas sebaiknya diletakkan ditengah-tengah kandang.
Kebutuhan tempat pakan dan minum tergantung pada jumlah DOD. Setiap 40 ekor DOD membutuhkan sebuah tempat pakan berdiameter 40cm dan sebuah tempat minum.
Umur
Suhu Kandang (OC)
1-7 hari
36,5
1-2 minggu
32,5
2-3 minggu
30
3-4 minggu
27,5
5 minggu
Sesuai suhu lingkungan
Tidak memakai pemanas
sumber