Kamis, 19 November 2015

Cara mudah merawat DOD bebek yang baru menetas


Cara mudah merawat DOD bebek yang baru menetas
img by @sipendik.com
Cara mudah merawat DOD bebek yang baru menetas – Usaha ternak memang menjadi salah satu usaha yang banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia, ada berbagai usaha ternak yang populer dimasyarakat salah satunya ternak unggas, usaha ini banyak ditekuni oleh masyarakat karena dinilai lebih mudah dari pada usaha yang lain sebab metode yang digunakan untuk perawatan ternaknya sendiri tidaklah terlalu rumit hanya perlu kesabaran dan ketekunan saja, baca juga artikel tentang cara merawat bebek peking. Selain itu untuk memulai usaha ternak unggas tidak membutuhkan modal yang besar berbeda dengan ternak yang lainnya misalnya sapi, kambing atau yang lainnya pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit namun tak jarang ternak unggas juga membutuhkan modal yang lumayan besar untuk memulainya, itu semua tergantung dengan besar kecilnya skala ternak yang ingin dilakukan. Salah satu usaha ternak yang memiliki prospek yang menjanjikan menurut saya ialah pembesaran DOD bebek, mengapa demikian karena untuk memulainya kalian tidak membutuhkan anggaran yang besar sebab untuk DOD bebek sendiri harganya masih murah ketimbang yang sudah dewasa namun ada beberapa problem yang sering terjadi pada peternak yang baru memulai usaha ini sebab kadang mereka merasa kurang tahu dalam hal perawatan diumur DOD dari masih dini, padahal untuk urusan perawatan ini menjadi hal mutlak yang harus diketahui oleh seseorang yang ingin memulai usaha pembesaran DOD, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips merawat DOD bebek.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa hal perawatan menjadi suatu hal yang amat penting untuk diperhatikan sebab ini akan menjadi salah satu kunci keberhasilan usaha pembesaran DOD, sebenarnya untuk masalah perawatannya sendiri tidaklah terlalu rumit hanya saja kadang ada sebagian peternak yang tidak memperhatikan hal-hal kecil sehingga bisa mengakibatkan dampak yang serius bagi ternak mereka untuk lebih jelas bagaimana melakukan perawatan yang baik pada DOD bebek bisa melihat cara merawat DOD bebek dibawah ini.

Cara mudah merawat DOD bebek yang baru menetas

Perawatan anak bebek umur 0 sampai 7 hari

Dalam umur ini anakan bebek sebaiknya ditempatkan dalam kandang yang tertutup agar tidak mudah kedinginan, kandang yang digunakan bisa berupa box dari kardus yang tidak diberi banyak lubang, didalamnya bisa diberikan penerangan bisa dari bolam untuk menjaganya agar selalu hangat dan juga jangan lupa untuk menyediakan makanan dan minuman yang berupa poer atau yang sejenisnya secukupnya saja.

Perawatan anak bebek umur  7 sampai 14 hari

Dalam umur segini kandang yang digunakan masih sama namun untuk media penghangatannya dari bolam tersebut bisa dinyalakan pada malam hari saja supaya siangnya tidak kepanasan, untuk makanan dan minumannya sendiri juga masih sama berikan secukupnya dan untuk minumnya usahakan jangan berlebihan sebab bisa membuat kandang becek dan bisa berakibat anak bebek kedinginan, di masa ini bisa juga ditambahkan vitamin yang dicampurkan dalam minumannya.

Perawatan anak bebek umur  14 sampai 30 hari

Dalam masa ini anak bebek sudah bisa dipindahkan dalam kandang yang skalanya lebih besar agar mudah bergerak, untuk penghangatannya bisa diberikan seperlunya saja atau dalam keadaan dingin. Untuk pemberian makanannya sendiri masih harus selalu terjaga untuk memenuhi kebutuhan gizi supaya anak bebek bisa bertumbuh dengan baik, untuk minumannya sendiri sama seperti sebelumnya berikan saja secukupnya dan bisa dicampur dengan vitamin sebab dalam masa ini anak bebek gemar main dengan air jadi bisa menyebabkan kandang menjadi becek.

Perawatan anak bebek umur diatas 30 hari

Dalam umur segini anak bebek sudah bisa dipindahkan dalam kandang pembesaran, selain itu juga bisa dilakukan penyortiran anak bebek yang mau digemukkan, menjadi petelur, arau dijadikan bibit. Untuk perawatannya sendiri masih harus diperhatikan sesuai kebutuhan bebek namun yang pasti harus sesuai dengan kebutuhan gizi yang dibutuhkan.
Demikianlah beberapa tips merawat DOD bebek, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.
sumber