Kamis, 19 November 2015

Cara Berternak Bebek Pedaging Agar Cepat Besar


Advertisement
Cara membuat bebek pedaging cepat besar - Budidaya penggemukan bebek pedaging memiliki potensi yang sangat besar untuk bisnis , karena permintaan akan daging unggas jenis ini terus meningkat dan juga tergolong sangat besar. Dengan menggunakan pola peternakan organik diharapkan membantu dalam peningkatan produk ternak yang lebih sehat dan menguntungkan.

Cara ternak Unggas bebek Pedaging
Bebek Pedaging Super - kredit gambar mbcmetro

Cara berternak bebek agar cepat besar sebenarnya bukanlah hal yang sulit , juga bukan hal yang mudah , namun dengan mengetahui serta menguasai teknik penggemukan yang tepat guna , di harapkan membawa kesejahteraan peternak bebek di Indonesia. Budidaya bebek pedaging menggunakan pola organik adalah pilihan tepat untuk mempercepat pertumbuhan unggas yang di usahakan.

Langkah-langkah Penggemukan Bebek Pedaging


Sebelum memulai beternak bebek pedaging sebaiknya mempelajari beberapa  teknik dasar penggemukan adalah sangat penting !, Faktor sukses dan tidaknya dalam budidaya bebek sangat bergantung dari teknis yang dikuasai. Langkah atau cara awal budidaya bebek yang harus di perhatikan adalah sebagai berikut:

* Pemilihan bibit yang baik ( Bibit Unggul)
* Komposisi pakan yang seimbang
* Sistem kandang yang nyaman bagi ternak
* Pengendalian penyakit unggas
* Penanganan pasca panen

Cara Memilih Bibit Bebek Pedaging Yang Baik


Proses pemilihan bibit bebek ( Itik ) unggul memiliki peran sangat penting bagi peternak bebek pedaging , untuk meraih keuntungan budidaya bebek potong sebaiknya pemilihan bibit bebek jantan. Kunci sukses budidaya bebek pedaging adalah memilih bibit ( Anak itik jantan ) karena faktor kecepatan pertumbuhan bebek jantan  lebih unggul jika dibandingkan bebek betina. harga bibit bebek jantan juga lebih murah jika dibandingkan dengan bebek betina.

Komposisi Pakan Bebek Yang Seimbang


Kecukupan pakan yang berkualitas dari segi nilai gizi akan mempercepat pertumbuhan unggas bebek lebih bongsor , sehat dan tahan penyakit. Pemberian pakan buatan sendiri ( dedak / bekatul , bekicot + tepung cangkang , tepung jagung , tepung ikan, tepung bulu unggas) penggunaan dan penambahan batang pisang , daun pepaya , daun mengkudu serta sayur-sayuran sebagai penunjang serat organik lebih unggul & lebih murah jika di bandingkan dengan pakan buatan pabrikan. Faktor cuaca dan suhu tempat budidaya unggas bebek sangat berpengaruh akan keseimbangan komposisi , baik itu nilai serat , protein dan karbohidrat-nya. Pemberian suplemen sangat di perlukan untuk menjaga kesehatan dan mempercepat pertumbuhan Bebek.

Kandang Bebek Pedaging Yang Baik

Cara membuat kandang bebek yang baik adalah berdasarkan besar dan kecilnya anggaran yang anda miliki , untuk sistem kandang bebek pedaging sebaiknya menggunakan kandang panggung dengan menghadap arah matahari terbit. Kelebihan kandang panggung adalah sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bebek pedaging. Namun jika anda menggunakan kandang lantai non panggung , sebaiknya penggunaan lapisan pasir , kapur dan sekam padi sangat penting , fungsi kapur adalah penting untuk menjaga PH tanah , mengendalikan penyakit serta proses penyerapan kotoran bebek lebih baik. Dengan menambahkan kapur serta sekam padi yang telah bercampur dengan kotoran bebek , setelah masa 3 - 5 tahun mempunyai manfaat besar untuk digunakan sebagai bahan pembuatan Bokashi ( Pupuk Organik) .

Demikian posting tentang cara berternak bebek pedaging agar cepat besar , semoga membawa manfaat untuk kita semua . jika ada tambahan silahkan tinggalkan komentar anda.

http://www.organikilo.co/2014/10/cara-berternak-bebek-pedaging-agar.html