Rabu, 16 November 2016

Daftar Review Penjual Bebek di Jakarta yang Pernah Ku Coba



Saya dan suami (sepertinya menurun pada anak kami, Zara Nugroho, hehehe) merupakan penikmat daging bebek. Maka, penjual bebek mulai dari kaki lima sampai restaurant, mulai dari bebek goreng biasa sampai bebek panggang, kami selalu tertantang untuk mencobanya. Dan inilah daftar penjual bebek yang pernah kami coba. Semoga bermanfaat untuk pembaca JakartaSeru yah. Oya, karena ini adalah daftar penjual bebek yang telah saya kumpulkan sejak lama, maka jika ada yang sudah tutup yang mohon koreksinya. Dan bagi yang ingin mencoba, monggo di coba telpon dulu untuk memastikan restonya masih buka atau ngga hehehe … monggo ..

BEBEK PANGGANG / ROAST DUCK
Bebek Panggang merupakan peringkat tertinggi dalam gairah makan kami. Tampilannya yang klimis berlemak, sangat menggoda untuk segera di comot comot hohooo… lalu kalau saya langsung saya cocol dengan saus manis berwarna coklat maka hobi suami adalah langsung di cocol dengan menggunakan chili oil khas sichuan. Oya, sebenarnya masih ada beberapa resto yang sempet kami coba, tapi lupa di catat alamatnya dan asli lupa nama restonya hehehee. Tapi tenang aja, mulai saat ini, daftar penjual bebek akan terus kami update. Ini dia daftar tempat makan atau penjual bebek di jakarta :


roast-duck-the-duck-king
1. The Duck King
The Duck King merupakan restaurant penjual bebek yang menjadi favorit di keluarga saya. Kelezatan daging, lelehan lemak yang manis dan kulitnya yang mengkilat menawan, benar benar lezat membahana. Semua pecinta bebek yang kami ajak makan kemari, ngga pernah ada yang menyangkal jika bebek duck king rasanya Juara. Puluhan kali makan disini, saya melihat ke konsistenan ukuran dan rasa. Pertama kali makan saat SMA, sampai sekarang berusia 31 tahun, Duck King masih memiliki kelezatan prima yang paling saya tunggu tunggu. Harga pun sebanding dengan rasa yang diberikan. MASUK DALAM KATEGORI RESTAURANT SANGAT MEMUASKAN.
Harga Nasi + Bebek Panggang Rp. 44.ooo (belum termasuk ++). SANGAT REKOMENDASI BAGI PECINTA BEBEK PANGGANG.
Lokasi : Nyaris di semua Mall besar ada kayaknya. Dibawah ini hanyalah beberapa lokasi, yang saya datangi :
Pondok Indah Mall 2 Lantai 3 Restaurant Row. Jl Metro Pondok Indah Jakarta Selatan, 021 759 20610
Cilandak Town Square GF Unit 049. Jl TB Simatupang Kav 17 Jakarta Selatan, 021 75908873
Grand Indonesia Shopping Town, East Mall Lt 3A Unit GD 1-17, Jl. MH Thamrin no 1 Jakarta Pusat 021 23580835
Senayan City Lt 4 Unit 4-12 & 4-18, Jl Asia Afrika Lot 19 Jakarta Pusat 021 72781223

2. Eaton Restaurant
Karena awalnya memang toko roti, tidak semua Eaton memiliki Restaurant. Beberapa gerainya hanya menjual kue saja. Nah, salah satu gerainya yang juga ada restaurantnya adalah di Cilandak Town Square. Bebeknya hadir dalam set yang lebih lengkap, ada kuah dan sayurnya. Bebeknya menurut saya beberapa kali makan disini, agak berbeda beda, alias kadang gemuk kadang kurus. Kadang klimis kadang kegaringan hehehee… tapi itu dulu di awal tahun 2000 an yah. Dan terakhir makan sih di tahun 2008, saya mendapatkan bebek gemuk yang enak. Harga Bebek + Nasi Rp. 45.8oo (belum termasuk ++)
Cilandak Town Square Lantai 1,Jl. TB Simatupang Kav 17 Jakarta Selatan  021 75920307

3. Ta Wan Restaurant
Ta wan sangat terkenal dengan menu buburnya. Bahkan bagi saya, Ta wan merupakan restaurant pertama yang akhirnya membuat saya mau mencoba bubur dan langsung jatuh cinta. Tapi sekali waktu saya penasaran dengan bebek panggangnya. Secara nyaris semua makanan di Tawan ini sangat dicintai mama saya, sooo habis makan bubur, pesanlah bebek panggang untuk dibawa ke rumah, bekel buat makan nanti malam. Ternyata si bebek hadir dalam kondisi garing tidak berlemak— hehheee. Harga Roast Duck seporsi kalau ga salah inget 1/2 ekor sekitar 80.ooo IDR (belum termasuk ++)
Lokasi : ada di mall mall besar, namun lokasi saya membeli si bebek ini saat itu di Ta Wan Cibubur Junction Lantai Upper Ground, Jl. Jambore No 1, Cibubur Jakarta Timur. 021 8775647

roast-duck-imperial-dimsum
4. Imperial Kitchen & DimSum
Terhitung dalam setahun ini saya sudah 5 kali makan disini. Yang paling saya suka disini adalah Lumpia Seafood Goreng dengan Mayonnaise seharga 20ribu perposi. Dan sekali waktu saya mencoba bebek panggangnya, ternyata si bebek hadir dalam kondisi garing seperti habis di goreng … hohoho sangat berbeda dengan gambar di buku menu yang kinclong minul minul. Beruntunglah ada chili oil yang menyelamatkan rasa. Anggap saja sedang makan bebek goreng versi restaurant hehehee. Seporsinya harga 58.900 IDR (belum termasuk ++)
Lokasi : ada banyak di Mall Mall, tapi saya hanya pernah makan yang di Cibubur Junction, Flavor Junction GF AE1Jakarta Timur, 021 87756629

roast-duck-oen-pao
Imperial Kitchen & dim sum. Flavor Junction GF AE1 #T 05-06. Cibubur Junction Jakarta Timur. 021 877 566 29 – See more at: http://wisataseru.com/2013/05/kepincut-lumpia-seafood-di-imperial-kitchen-dim-sum/#sthash.9LKaSLiZ.dpuf
Imperial Kitchen & dim sum. Flavor Junction GF AE1 #T 05-06. Cibubur Junction Jakarta Timur. 021 877 566 29 – See more at: http://wisataseru.com/2013/05/kepincut-lumpia-seafood-di-imperial-kitchen-dim-sum/#sthash.9LKaSLiZ.dpuf
Imperial Kitchen & dim sum. Flavor Junction GF AE1 #T 05-06. Cibubur Junction Jakarta Timur. 021 877 566 29 – See more at: http://wisataseru.com/2013/05/kepincut-lumpia-seafood-di-imperial-kitchen-dim-sum/#sthash.9LKaSLiZ.dpuf
5. Oen Pao
Kami berdua suka dimsum, maka jika tak ada kerjaan, kadang suka nongkrong di OenPao. Sesekali jika agak lapar, disini kami selalu memesan Roast Duck. Menurut saya, Roast Duck disini lumayan memuaskan, asal pesannya dengan nasi hainam. Rasa nasi yang berlemak akan menyempurnakan bebek berukuran tak terlalu besar ini. 5 kali makan bebek di OenPao baik yang di Pasar Modern BSD, di Rest Area Cibubur, juga di beberapa Mall, semua konsisten memberikan rasa dan pelayanan yang sama.

roast-duck-golden-century
6. Golden Century
Jika sedang nge-mall dan makannya di Food Court, dalam kondisi lapar incaran pertama saya pasti Golden Century. Jika ada, yesss saya pasti beli Roast Duck dengan Nasi Hainam disana. Pasalnya Golden Century menawarkan bebek panggang dengan ukuran daging dan lemak yang sesuai selera saya. Apalagi ditilik dari harga yang bisa dibilang sebanding dengan kualitas yang diberikan, hmmm … yeah … inilah salah satu resto rekomendasi dari saya bagi anda pecinta bebek panggang berlemak, jika sedang makan di Food Court Mall.

roast-duck-rice-bowl
7. Rice Bowl
Rice Bowl — sesuai namanya, jika kemari dan memesan makanan dalam mangkuk, hmmm beberapa kali (di Mall Citraland Jakarta Barat, Cibubur Junction, dll) saya selalu puas. Namun sebagai pecinta bebek, ngeliat ada bebek tergantung di etalase, kok tergoda untuk memesan. Menurut saya pribadi si pecinta lemak bebek, roast duck disini agak kurang berlemak. Yes,… bagi anda pecinta bebek tak berlemak, monggo di pesan bebek panggangnya.

8. Chicken Rice
Baru sekali makan disini, saat nungguin si Zara mainan di FX. Lumayan, untuk harganya yang murah banget, saya lupa, kayanya sekitar 30ribuan, rasa bebeknya masuk dalam kategori enak. Dengan lemak yang sedang dan daging yang lembut + saus manis kesukaan saya … hmmm kalau nemu resto ini lagi, saya pasti mau mampir lagi.

9. Danau Sunter
Resto Chinese Food di daerah Sunter ini memiliki menu Bebek Panggang saus Mangga yang sangat rekomendasi untuk di coba. Bebeknya lembut dengan aroma ngohiong dan sakiong yang tajam. Kulitnya renyah namun berlemak tebal … aahhh … saat itu, sekali makan saya langsung habis 1/2 ekor sendiri zazazaaaa …
Area GOR Sunter. jl. Danau sunter selatan no 1. Jakarta utara Telephone 021 330 52555

10. Satoo Shangrila
Satoo Shangrila memiliki restaurant yang bayar sekali dan makan sepuasnya. Dari sekian counter makanan, ada satu yang sangat harum, yaitu Bebek Panggang yang di Oven dengan menggunakan Oven Tradisonal. Luar biasa, si bebek panggang dengan aroma dan rasa yang mencetar. Jika anda ke Satoo, please jangan dilupakan untuk mengambil si bebek peking-nya. Di makan lengkap dengan kulit, sayur dan sausnya … cetaarrrr … satu tak akan pernah cukup.


BEBEK GORENG

bebek-cak-topa
1. Bebek Edan Cak Topa – Jl. Cikajang No 38, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 021 7047 3339 
Paling suka sama menu Bebek Peking Cak Topa. Bebeknya empuk banget dengan aroma rempah yang menggoda. Asin yang pas dan lemak yang lumer di lidah. Sudah, pokoknya kalau ke daerah Kebayoran Baru, inilah salah satu penjual bebek rekomendasi saya.
bebek-masdikun
2. Mas Dikun – Jl. Pasar Minggu (deretan kaki lima ngga jauh dari ramayana) 021 797 3623 / 0813 817 51229 
Bebeknya Maknyuuuss .. dengan lemak tebal yang gurih, bebeknya berasa seperti bebek Peking. Padahal ketika saya tanya, ternyata mereka hanya menggunakan bebek biasa (tentunya pilihan). Sukanya lagi, bebek di Mas Dikun sangat bersih, alias tidak ada bulu bebek yang mengganggu. Sangat suka!!!
bebek-abtl
3. Ayam Bebek Tulang Lepasss –  Jl. Raya Bogor KM 30 No. 14, Cimanggis Depok – 081274371371
Bebek disini sensasinya berbeda. Karena ia dimasak kembali dengan menggunakan tepung. Bebeknya empuk dengan rasa rempah yang terasa sampai ke tulang. Kulitnya garing kriuk bikin kangen dan pengen makan terus. Ada bebek bakarnya juga, serunya bebek disini dibakar dengan teknik yang mantab, sehingga tak ada arang bakaran yang mengganggu saat dimakan.
bebek-kasmoyo
4. Bebek Kelapa Gading Kembar ‘Pak Kasmoyo’. Jl. Raya Hankam no 1 Ceger, Cipayung,  Jakarta Timur – 0852 821 62656 
Bebek Kasmoyo ini memiliki rasa manis. Yeah, inilah salah satu penjual bebek manis yang selalu bikin kangen. Empuk banget dan aroma amis bebek hilang karena memang bebek ini dimasak dengan banyak bumbu. Hebatnya, manisnya itu sampai ke tulang tulang … Oya, jangan dibayangkan manis yang banget seperti kecap, karena ditengah manisnya juga ada asinnya. Intinya, nih bebek enak dan rekomendasi buat anda pecinta bebek yang lagi berada di daerah Taman Mini.
bebek-kendil
5.BEBEK KENDIL. Jl. Kemang Raya No. 126A. Jakarta Selatan. Telp. 021 41037330 
Dimasak dengan menggunakan kendil, otomatis bebek menjadi kering dan tidak ada arang yang menempel. Matangnya rata dan kulitnya renyah. bebek ini memiliki taste asin yang cukup menyenangkan.
bebek-raja
6. Raja Bebek Bakar 21. Jl. Sabang Jakarta Pusat (depan gedung smart – kaki lima) – 087883221108
Dari 3 macam bebek yang pernah saya coba, cabe ijo dan goreng, saya paling suka dengan bebek bakar madunya. Daging bebeknya sama sekali tidak bau amis, ia justu dominan dengan aroma jahe yang cukup segar hingga seperti daging bebek di resto bintang lima. Dilapis dengan madu dan wijen … hmmm wangi wangi sedap.
7. Bebek Ginyo. Jl. Tebet Utara Dalam No. 12. Tebet – Jakarta Selatan. Telp (021) 829 2343 
Bebek sambel Ijo disini tidak terlalu pedas. Justru wangi rempah lengkuasnya yang agak menonjol. Saya yang tidak terlalu suka pedas pun, langsung suka. Dan bagi anda pecinta pedas, digadang gadang bebek rica disini pedasnya maknyus.
8. Pecel Lele Cik Yen, Jl. PKP Ciracas Kelapa Dua Wetan – Jakarta Timur. sebelah alfamart. 021 9604 7626 / 0813 88530805
Satu lagi penjual bebek kaki lima, yang memiliki rasa khas pada bebeknya. Bebek disini memang tidak terlalu empuk, namun juga tidak keras. Bedanya dengan bebek ditempat lain adalah, bebek disini dipenuhi oleh aroma wangi bunga lawang. Hm … sensasi-nya tentu berbeda. Apalagi sambalnya, pecinta sambal bisa luluh hatinya. 
bebek-gobyos
9. Bebek Gobyos Alamat JL. Ciledug Raya No 74 D, Kreo, Tangerang – Yety : 0811 295802.
Ini adalah bebek penipu hahahaa … tampilannya hitam, tampak sangat manis. Tapi begitu buliran minyak pada bebek masuk dengan sempurna di mulut, maka dijamin keringat akan bercucuran. Karena warna hitam pada bebek tersebut bukanlah kecap/ gula jawa, melainkan 90% cabe rawit matang. Yang istimewa disini adalah bebeknya menggunakan bebek kampung. Jadi seratnya benar benar halus dengan tekstur yang lembut, bisa dibilang mirip dengan ayam kampung.
10. BEBEK BENGIL. Jl. H. Agus Salim 132 Menteng Jakarta Selatan. 021 391 8016, 021 310 1190
Bagi saya pribadi, bebek bengil ini adalah bebek yang dijual untuk pasar ekspat bule. Pasalnya, bebek disini rasanya semua serba menerawang. Ada rasa sereh, namun tipis. Ada rasa lengkuas, namun tipis dst dst … Jadi yang sudah lama tinggal di Amrik, Aussie atau Eropa, bebek ini cocok selera.
—————————————————————————-
NB : Review ini adalah berdasarkan selera lidah saya. Dan sekali lagi, selera setiap orang berbeda beda, bisa jadi enak menurut saya dan tidak menurut anda, pun sebaliknya .. dan semoga review singkat saya ini berguna.
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna@wisataseru.com



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar