Selasa, 08 November 2016

Cara Hilangkan Bau Kandang Bebek dan Ayam secara alami.




Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/
Cara Hilangkan Bau Kandang Bebek dan Ayam
mencium bau
Kandang bau bukan hanya masalah bagi manusia yang menciumnya, tapi juga bisa jadi musibah bagi unggas peliharaan itu sendiri. Ada beberapa cara atasi bau kandang bebek/ayam yang efektif dan murah. Terutama ketika musim hujan dimana kondisi kandang ayam dan itik menjadi lembap.

Dampaknya kotoran unggas menjadi basah dan mengeluarkan bau menyengat.
Cara mengurangi bau kandang itik menurut Ir Dani Garnida MS, praktikus unggas di Bandung, Jawa Barat, cukup mudah. Beliau memiliki trik mengurangi bau kotoran unggas itu.
Caranya adalah dengan menambahkan cacahan rimpang kunyit sebanyak 2% pada pakan sebagai penghilang bau kandang alami.
“Bau pada kotoran unggas terjadi karena proses metabolisme di tubuh unggas kurang maksimal, sehingga sisa pakan yang mengandung protein ikut terbuang dan menyebabkan bau,” ujar Dani. Kunyit Curcuma domestica memperbaiki metabolisme unggas sehingga kotoran tidak berbau meski di lingkungan lembap.
Jadi, untuk mengatasi supaya kandang tidak bau adalah dengan menambah cacahan rimpang kunyit sebesar 2% dari total pakan yang diberikan. Siapa yang menyangka ternyata kunyit bisa menjadi penghilang bau kandang ternak yang murah dan mudah.
Dan bau kandang itu lebih banyak terjadi terutama pada sistem kandang litter disebut juga lantai rapat, yaitu sistem kandang yang permukaan lantainya tidak ada celah dan dihamparkan sekam atau bahan lainnya sebagai alas setebal +- 5–10 cm yang digunakan untuk menutup permukaan lantai kandang yang berupa tanah atau plesteran semen.
Kerugian sistem litter, kandang cepat basah, mudah menimbulkan bau yang tidak sedap dan akan menjadi busuk sehingga menjadi tempat yang sangat baik bagi organisme penyebab penyakit dan parasit, dan hewan ternak pun akan mudah terserang penyakit karena kontak langsung antara unggas yang sehat dan yang sakit sangat mudah terjadi
Dan ternyata, penambahan kunyit dalam pakan ternak bisa juga menambah warna kuning pada telur bebek dan ayam buras lho!
Demikian tips menghilangkan bau kandang bebek dan ayam, terutama di musim hujan ini. Punya tips lain untuk menghilangkan bau kandang? Silahkan tuliskan di kolom komentar.
Referensi: Trubus

sumber