Minggu, 19 Februari 2017

Mau Bebek Enak ?, 9 Restaurant Otentik Bebek Terbaik Indonesia ini Wajib Kamu Coba !

Print Friendly and PDF
 ppp

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Mau Bebek Enak ?, 9 Restaurant Otentik Bebek Terbaik Indonesia ini Wajib Kamu Coba !
Siapa yang suka makan Bebek, ayo ngaku ? ... Sebagian Orang Indonesia mungkin ada yang suka Bebek atau mungkin ada juga yang nggak suka. Di balik segala pro dan kontra, makanan yang satu ini bisa dibilang jadi pengganti makanan sejenis yaitu Ayam. Hasil olahan masakannya juga agak mirip dengan Ayam, ada yang digoreng, dipepes, diopor, dibakar, disate dan sebagainya. Makanan ini bagi sebagian orang Indonesia mungkin jadi makanan wajib. Walaupun mempunyai kandungan Kolestrol dan Lemak yang cukup tinggi, tetapi Makanan Bebek tetap dinikmati oleh para peminatnya.

Berikut Kami Hadirkan
9 Restaurant Otentik Bebek Terbaik Indonesia yang bisa jadi Rekomendasi Kamu ... !
ppp

















Baik dan Buruknya Daging Bebek Bagi Kesehatan ...

Kandungan Gizi
Saat ini variasi olahan daging bebek semakin mudah kita jumpai. Lidah kita pun semakin dimanjakan dengan bermacam-macam masakan berbahan dasar daging bebek, yang tak hanya digoreng seperti halnya bebek goreng khas Surabaya, tetapi juga dipanggang, dibakar, hingga diberi olesan madu. Namun, tahukah Kamu ternyata selain citarasanya yang lezat dan gurih, daging bebek pun memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Bebek adalah spesies burung dalam keluarga Anatidae, yang olahan dagingnya menjadi berbagai masakan sudah dikenal di berbagai belahan dunia selama bertahun-tahun. Contohnya bebek Peking, masakan berbahan daging bebek dari Cina yang sudah dikenal sejak zaman Dinasti Ming. Karena kelezatannya, bebek Peking pun dikenal dan tersebar di hampir seluruh penjuru dunia. Meski demikian, belum tentu semua orang mengetahui nilai gizi yang terkandung dalam daging bebek...

















Berikut Kandungan Gizi Dalam Daging Bebek

Protein
Seperti halnya unggas lainnya, daging bebek pun merupakan sumber protein hewani yang baik. Dalam tiap 100 gram daging bebek panggang tanpa kulit mengandung 23,5 gram protein atau mencukupi sekitar 47% kebutuhan protein harian Kamu.

Lemak
Daging bebek memiliki kandungan lemak sehat. Komposisi lemak pada daging bebek mengandung 35,7% lemak jenuh, 50,5% lemak tak jenuh tunggal (tinggi dalam asam linoleat) dan 13,7% lemak tak jenuh ganda (yang mengandung lemak esensial Omega 6 dan Omega 3). Jadi, selama dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, daging bebek akan cukup memasok lemak sehat bagi tubuh Kamu.

Bebek juga mengandung Vitamin dan Mineral.

Lalu apa manfaat Daging Bebek bagi kesehatan ?

1. Menjaga kinerja otot
Daging bebek mengandung sodium sebanyak 3%, sesuai dengan kebutuhan tubuh yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kinerja otot.

2. Menjaga kesehatan fisik dan mental
Daging bebek mangandung mineral tembaga yang berfungsi untuk menjaga kesehatan fisik dan juga mental tubuh

3. Mencegah anemia
Zat besi biasanya banyak didapat dari manfaat bayam, namun manfaat daging bebek juga mengandung zat besi. Zat besi berguna untuk memenuhi kebutuhan hemoglobin dalam tubuh dan mencegah anemia.

4. Mengobati suara yang serak
Kandungan mineral yang tinggi dalam daging bebek mampu meredakan sakit tenggorokan yang membuat suara serak. Hal ini juga banyak didapatkan dari berbagai jenis manfaat buah-buahan.

5. Membuang gas dalam perut
Kandungan vitamin niacin dalam bebek mampu membuang gas-gas yang tertimbun dalam perut.

6. Menambah berat badan secara sehat
Daging bebek memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga sangat efektif untuk menaikkan badan dengan cepat, sehat dan alami.

7. Mempercantik kulit
Lemak yang  terkandung dalam  daging bebek dapat melembabkan kulit, sehingga  kulit menjadi lebih segar dan cantik.

8. Menyehatkan rambut
Daging bebek  juga mengandung vitamin riboflacin yang berfungsi untuk menjaga kesuburan dan kesehatan rambut. Hal ini seperti manfaat daun seledri yang berfungsi untuk menyuburkan rambut.

9. Melancarkan sistem syaraf
Kebutuhan vitamin asam pantotenat dalam tubuh yang berfungsi untuk bahan bakar kinerja syaraf terpenuhi salah satunya karena mengkonsumsi daging bebek.

10. Melancarkan sistem pencernaan
Tidak hanya ditemui pada manfaat sayur sayuran, kandungan niacin dalam manfaat daging bebek juga berfungsi untuk  melancarkan pencernaan.

11. Menambah vitalitas pada pria
Zat tiamin dalam daging bebek mampu memperlancar peredaran syaraf dan sekaligus menjaga vitalitas pada pria.

12. Memperbaiki sistem imun
Daging bebek mengandung mineral zinc yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh alami pada tubuh seperti manfaat vitamin C.

13. Membantu sistem metabolisme tubuh
Daging bebek ternyata juga mengandung vitamin B6 yang berfungsi melancarkan metabolisme  dalam tubuh.

14. Sebagai antioksidan dalam tubuh  
Selium yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh juga terdapat dalam kandungan gizi daging bebek.

15. Menjaga kestabilan tekanan darah
Daging bebek mengandung mineral jenis sodium yang mampu mengoptimalkan tekanan darah.

16. Memenuhi kebutuhan vitamin B12
Daging bebek memiliki kandungan vitamin B12 sebesar 13%, jumlah tersebut sangat pas dengan kebutuhan yang diperlukan tubuh.

17. Membantu kerja enzim dalam tubuh
Asam pantotenat sebanyak 15% juga dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi daging bebek. Asam pantotenat  ini berfungsi memperlancar kinerja enzim pada tubuh.

18. Membantu menghangatkan suhu tubuh
Kandungan lemak yang tinggi dalam daging bebek akan mampu menghangatkan tubuh  yang kedinginan.

19. Memperkuat gigi dan tulang
Daging bebek juga mengandung mineral jenis fosfor yang tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan gigi dan tulang.

20. Mencukupi kebutuhan protein
Protein yang tinggi dalam daging bebek juga telah mampu mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh.

Selain manfaat yang terkadung dalam Daging Olahan Bebek, ternyata makanan ini juga mempunyai efek samping yang pastinya berbahaya bagi kesehatan. Terlebih jika Kamu mengkonsumsi Makanan ini secara berlebihan. Dalam arti ini, mungkin bukan hanya Makanan Bebek saja, karena segala sesuatu yang berlebih akan menjadi tidak baik jika itu Kamu lakukan. Jika Kamu suka makan Bebek, konsumsilah dengan sewajarnya.

Berikut Bahaya Daging Bebek Bagi Kesehatan

1. Dapat meningkatkan Kadar Kolesterol

Sebelum memutuskan untuk mengolah dan mengkonsumsi daging bebek, sebaiknya Kamu memperhatikan kadar kolesterol dalam darah Kamu maupun keluarga Kamu. Karena seperti penjelasan di atas bahwa daging bebek mengandung cukup tinggi kolesterol, terutama pada bagian kulitnya. Dalam 3 ons daging bebek yang dimasak beserta kulitnya memiliki kandungan kolesterol sebanyak +/- 70 mg. Sedangkan jika tidak dimasak bersama kulitnya, kandungan kolesterol dalam 3 ons daging bebek adalah sekitar 75 mg.

Hal ini berarti bahwa dalam 3 ons daging bebek yang Kamu olah memiliki sekitar 25% kandungan kolesterol dari batas asupan yang direkomendasikan yaitu 300 mg per harinya untuk orang dewasa yang sedang dalam kondisi sehat. Namun bagi mereka yang menderita penyakit jantung maupun mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi, rekomendasi asupan kolesterol hariannya adalah 200 mg.

Selain kolesterol sendiri, daging bebek juga mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, di mana lemak tersebut juga sangat berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Dalam 3 ons daging bebek yang dimasak beserta kulitnya memiliki kandungan sekitar 4 gr lemak jenuh (sekitar 40% dari asupan harian yang direkomendasikan), sedangkan daging yang diolah tanpa kulit memiliki kandungan sekitar 3 gr lemak jenuh (sekitar 20% dari asupan harian yang direkomendasikan). Para pakar kesehatan sangatlah menyarankan agar membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh sebanyak 7 hingga 10% dari jumlah kalori harian.

2. Penyumbatan Arteri

Pada saat memiliki kandungan kolesterol serta lemak jenuh dalam tubuh yang tinggi, hal ini akan dapat menyebabkan peningkatan resiko penyumbatan arteri. Yang mana akibat dari penyumbatan tersebut akan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, seperti Kamu lebih rentan untuk terkena penyakit jantung, stroke, maupun serangan jantung. Untuk itu sebaiknya membatasi mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung kolesterol maupun lemak jenuh sesuai dengan batasan yang telah direkomendasikan.

3. Meningkatkan resiko kanker

Seperti penjelasan di atas bahwa terkadang dalam pengolahan daging bebek ditambahkan beberapa bahan kimia seperti tawas, pewarna sintetis, maupun paracetamol. Dengan tujuan yang untuk memperoleh keuntungan semata ternyata dapat menyebabkan peningkatan resiko penyakit yang berbahaya seperti kanker. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa tawas dan pewarna sintetis sangat tidak layak untuk dikonsumsi.

4. Tidak baik untuk kehamilan

Kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi yang terdapat dalam daging bebek dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi para wanita yang sedang hamil. Kadar kolesterol dan lemak yang terlalu tinggi pada wanita hamil dapat meningkatkan resiko darah tinggi serta diabetes gestasional yang akan mengganggu sirkulasi darah ke janin melalui plasenta. Untuk itu, para pakar kesehatan sangat menyarankan bagi wanita hamil agar tidak terlalu sering mengkonsumsi olahan daging bebek. Kalaupun hendak mengkonsumsi daging ini, mereka menyarankan untuk mengkonsumsinya sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu dengan cara dikukus atau dipanggang.

Link :
http://manfaat.co.id/20-manfaat-daging-bebek-bagi-tubuh
http://halosehat.com/makanan/daging-berbahaya/bahaya-daging-bebek
https://duniafitnes.com/nutrition/nilai-gizi-di-balik-gurihnya-daging-bebek.html

Cara Pengolahan Daging Bebek yang Baik  ...

Selain kandungan nutrisinya yang tinggi, daging bebek juga memiliki kelebihan dibandingkan unggas lain, yaitu tekstur dagingnya yang lebih kenyal serta citarasa yang lebih gurih. Namun tak jarang orang mengeluhkan hasil olahan daging bebek yang masih amis dan alot. Nah, untuk mendapatkan masakan dari daging bebek yang lezat dan sesuai selera Kamu, maka Kamu butuh pengenalan bahan dan teknik pengolahan yang tepat.

Tips Memilih dan Menyimpan Daging Bebek

- Pilih bebek yang masih muda sehingga dagingnya lebih empuk dan gurih
- Pilih daging bebek yang segar yaitu yang kulitnya berwarna putih
- Setelah membeli daging bebek, jika tidak segera digunakan, cepat simpan di Freezer

Tips Mengolah Daging Bebek

- Sebelum mengolah, bersihkan daging bebek dari kulit atau lemaknya, agar sehat
- Setelah dicuci bersih, daging bebek sebaiknya direbus dengan aneka rempah-rempah seperti tumisan kunyit dan jahe, serai, bawang putih, dan daun jeruk. Ini bertujuan untuk melunakkan sekaligus menghilangkan bau amisnya atau pengus.
- Rebus daging bebek selama kurang lebih 1 jam, bisa dimasak dengan panci tertutup ataupun presto.
- Setelah direbus, daging bebek bisa diolah menjadi masakan apapun sesuai selera Kamu. Namun, agar lebih sehat, bebek bisa diolah dengan cara dibakar atau dipanggang.

Berikut Kami Hadirkan
9 Restaurant Otentik Bebek Terbaik Indonesia yang bisa jadi Rekomendasi Kamu ... !ppp



1. Bebek Tera Bulan - Madura

  
Baik dari segi Cita Rasa dan segalanya, Restaurant Bebek ini jadi nomor satu yang direkomendasikan oleh kami. Madura yang terkenal sebagai daerah penghasil Bebek, memang mempunyai Restaurant yang cukup enak di beberapa tempat di Daerahnya. Seperti Bebek Tera Bulan ini, yang terletak di Daerah Bangkalan. Jika Kamu ke tempat ini, Beberapa pilihan Makanan dengan Daging Olahan Bebek tersedia. Masakan di Restaurant ini juga cukup unik, karena memadukan antara Rasa Oriental dengan Rasa Asli Indonesia, di mana Madura sebagai Penghasil Bebek Nomor 1.


Kamu akan dibuat nyaman dengan suasana dan interior Restaurantnya. Di beberapa tempat foto Para Pembesar Negeri yang sempat makan di tempat ini, sengaja dipajang. Mulai dari Presiden Jokowi, dan Ibu Negara Iriana, Artis Ayu Azhari, dan Desainer Anne Avante. Sesekali kamu mesti coba unjuk gigi, ada iringan musik yang sengaja dipersiapkan menemani Kamu nyanyi, ketika bersantap di tempat ini.


Menu Rekomendasi Wajib seperti Aneka Olahan Daging Bebek, Sup Ikan Patin dan Gurame, Asparagus, tentunya jadi Santapan Kuliner Kamu !

Alamat :
Jalan Raya Ketengan No. 69, Kec. Bangkalan, Jawa Timur 

2. Bebek Sinjay - Madura 


Satu lagi Bebek Otentik Indonesia, asal Madura. Kamu harus coba Bebek di tempat ini. Walaupun Restaurant Bebek ini dari segi tempat biasa aja. Kalah nyaman dari Bebek pesaingnya “Tera Bulan” yang tidak jauh dari lokasi Restaurant ini, namun soal Rasa jangan ditanya. Jenis Bebek Hitam Krengsengan hingga Goreng siap menanti. Terlebih SambalPencritnya yang lumayan pedas pasti buat Kamu mikir untuk nambah lagi. 


Di waktu tertentu seperti Liburan Sekolah maupun Weekend. Restaurant ini pastinya dipadati oleh Para Pelancong yang ingin menyeberangi Pulau Madura dari Surabaya via Suramadu. Pastinya mereka selain makan Bebek juga ingin coba tempat Destinasi Terbaik Indonesia Yang Lagi Happening di Tahun 2016 ini.

Alamat
Tonjung, Burneh, Kec. Bangkalan, Jawa Timur
3. Bebek Cak Yudi/ Megawati – Surabaya 


Dari Kota Surabaya, Bebek ini menempati posisi pertama dari kelezatannya karena merupakan bebek lunak alias presto. Pemiliknya Cak Yudi sengaja menghidangkan Bebek ala presto yang kemudian digoreng, agar dapat merangkup segala segmen kalangan. Yang menjadi populer lagi konon kabarnya Mantan Presiden RI kelima Ibu Megawati Soekarno Putri sering menikmati gurih dan lezatnya bebek ini sebagai pencinta dari kuliner ini. Karena seringnya Ibu Megawati menikmati bebek di tempat ini sehingga disebut bebek Megawati.


Alamat :
Jl. Tanjung Torowitan, Perak, Jawa Timur

4. Bebek Tepi Sawah - Bali


Sesuai dengan namanya, Bebek Tepi Sawah disini menghadirkan berbagai jenis variasi menu hidangan bebek dengan cita rasa yang authenthic dan lezat tentunya. Disamping itu konsep interior design yang ramah, asri dan tradisional menjadikan tempat makan yang satu ini memiliki atmosphere yang positif dan nyaman untuk dikunjungi setiap waktunya. 

Bebek Tepi Sawah Ubud Bali Via http://shiiteck.blogspot.com

Bebek Betutu adalah salah satu menu hidangan andalan Bebek Tepi Sawah yang ditawarkan disini. Potongan bebek berukuran cukup besar yang dimasak dengan sangat baik hingga terasa sangat gurih dan lezat dinikmati bersamaan dengan nasi pulen yang hangat dan pilihan 2 jenis sambal yang harum dan pedas rasanya siap menggugah selera makan kalian setiap waktunya. You should try this guys !


Alamat :
Jl. Raya Goa Gajah, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jalan Pantai Kuta, Beachwalk Shopping Center Lantai 3, Kuta, Bali 80361

Link :
https://www.qraved.com/journal/bali/top-5-balinese-restaurant-bali/ 

5. Bebek Bengil - Bali

Restoran Bebek Bengil Ubud Bali, restoran terkenal pilihan favorit wisatawan saat berkunjung ke Ubud. Berlokasi di Jalan Hanoman, kawasan Padang Tegal, Ubud Bali. Bebek Bengil Bali, tempatnya juga dekat dengan kawasan spa dan hotel yang terkenal dengan pemandangan area persawahan tempat wisata di Ubud Bali.


Hampir tiap hari restoran Bebek Bengil Ubud tidak pernah sepi pengunjung wisatawan domestik maupun mancanegara. Orang bule menyebut restoran Bebek Bengil Ubud dengan “Dirty Duck Diner”. Bagi tamu-tamu yang ingin makan dengan duduk bersila, disediakan panggung kayu yang terdapat bantal bantal kecil. Suasana terasa asri karena restoran ini dikelilingi oleh areal sawah ditambah angin sepoi di siang hari.
Hidangan utama restoran ini adalah bebek goreng, yang disajikan berbeda dengan bebek goreng ditempat lain. Separuh ekor bebek goreng disajikan dengan nasi putih lengkap bersama sambal matah dan lawar ditempat yang terpisah. Bebek goreng ini terasa renyah hingga ketulang kecil yang bisa dikunyah. Harga Bebek Bengil Ubud berkisar Rp 94.000 – Rp 141.000. Restoran Bebek Bengil Ubud cocok untuk acara makan keluarga dengan anak, makan dalam jumlah grup besar, melakukan bisnis.

Daging bebek yang digunakan berasal dari bebek lokal di daerah sekitar Ubud. Digoreng hingga coklat kekuningan dengan kulit yang kelihatan kering dan renyah. Sebelum direbus 3-4 jam, bebek ini diremdam dalam bumbu-bumbu selama 12 jam. Setelah direbus kemudian ditiriskan, lalu digoreng. Metode ini membuat daging bebek terasa gurih hingga bagian dalam. Menu bebek bengil, crispy duck adalah menu unggulan yang selalu ada sejak restoran ini berdiri tahun 1990.

Via : http://www.bali-indonesia.com/

Menurut pemilik restoran ini bapak Anak Agung Raka Dalem, bebek goreng tersebut berawal dari resep keluarga yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan perkembangan usahanya restoran ini terus mengalami perbaikan dan perubahan, “ tutur Raka Dalem yang pernah bekerja di sejumlah restoran di Australia dan terbiasa dengan menu Eropa.

Menu favorit selain bebek goreng adalah nasi campur, king prawn and mashed potato, dan stuffed chicken breast. Berbagai macam pilihan minuman ditawarkan di restoran ini. Mulai dari soft drink, juice, cocktail, dan minuman alcohol lainnya. Sebagian besar menu menu makanan tersebut menggunakan bahasa Inggris, karena tamu yang berkunjung ke restoran ini berasal dari berbagai negara. Salah satu selebritis top seperti Mick Jagger dan Sting pernah makan di tempat ini, sehingga restoran ini semakin terkenal ke seluruh dunia.


Alamat :
Jalan Hanoman, Padangtegal, Ubud, Kec. Gianyar, Bali 80571

Link :
http://www.water-sport-bali.com/bebek-bengil-ubud/ 

6. Bebek Dower - Jakarta

Bebek Dower adalah restoran kelas menengah yang menyajikan hidangan khas Indonesia dengan menu bebek sebagai hidangan utamanya. Bebek Dower memposisikan diri sebagai restoran pilihan untuk para pecinta bebek sekaligus pecinta pedas. Daging  Bebeknya yang lumayan Gede bisa buat kamu jadi Puas untuk incip Bebek Terbaik ini. Restaurant Bebek ini menjadi yang Favorit di Jakarta, dan buka cabang di beberapa tempat di Jakarta, tapi Pusatnya ada di Daerah Ragunan, Jakarta


Alamat :
Jl Margasatwa No.57 Cilandak, Jakarta Selatan


















7. Bebek Raja Begor – Jakarta


Bebek goreng disini gokil banget! dan di sini enaknya, kalian dapat banyak pilihan buat sambalnya! Ada sambal kemangi, sambal mangga, sambal ijo, sambal korek, sambal terasi, banyak deh !. Bebek ini jadi Makanan Rekomendasi bagi kamu yang ingin coba Bebek terbaik di Jakarta. Terlebih ukuran Bebek yang luamayan gede pastinya buat kamu jadi tambah puas untuk nikmatin Bebek terbaik ini. Bebek Raja Begor buka cabang di beberapa tempat, tapi Pusatnya ada di Kemang yang terkenal sebagai salah satu Derah Kulinernya Jakarta.


Alamat :
Jl. Kemang Raya No.19, Jakarta 12720

8. Bebek Hitam Krengsengan – Surabaya


Mengenai lezat dan gurihnya jangan ditanya ? Bebek ini mempunyai rasa yang berbeda, selain warnanya yang hitam dan seakan gosong, terlebih yang menjadi pelengkap kenikmatannya adalah sambal Macan Koreknya, yang Super Pedas, ditambah dengan Sate Usus, dan Tempe serta Tahu sebagai Lauk Pauk tambahan. Sempatkanlah untuk mencoba bebek ini, Jika Kamu Ke Surabaya. Btw, warna yang hitam itu bukan disebabkan oleh proses pemasakan yang terlalu matang alias gosong, tetapi karena bebek ini menggunakan Kluwak sebagai bumbu dasarnya. Oh iya jika Kamu datang ke pusatnya di depan Jl Klampis dekat daerah Mleto, Manyar, Kamu juga dapat menikmati jamu, sebagai penambah adrenalin dan libido Kamu (terutama bagi Kaum Lelaki Jantan !).

Via : Klampisngasem.blogspot.com

Alamat :
Jl. Klampis Ngasem No. 43 Klampis, Surabaya  

9. Bebek Kayu Tangan 


Bebek Kayu Tangan adalah rumah makan favorit di daerah Bratang – Surabaya, yang menghidangkan bebek sebagai menu utamanya. Rumah Makan ini merupakan salah satu Rumah Makan Bebek yang cukup lama di Kota Surabaya, dan tiap harinya selalu dipenuhi oleh Para Penikmat Bebek di Kota ini. Jika Kamu mau mencoba bebek ini jangan coba untuk menikmatinya di atas jam 10 malam. Dijamin kehabisan. Bebek ini sangat cocok dinikmati bersama teh hangat yang nikmat khas buatan rumah makan ini.


Alamat :
Jalan Bratang Gede No.68, Surabaya, Jawa Timur 60245


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar